Sunday, 24 March 2013

4 Cara terbaik untuk melakukan diet sehat


4 Cara terbaik untuk melakukan diet sehat

4 Cara terbaik untuk melakukan diet sehat - Siapa sih yang tidak ingin memiliki penampilan yang bagus, memiliki postur tubuh yang ideal, berat badan yang ideal.Hampir semua orang di dunia ini menyukai tubuh yang ideal, tidak terlalu gemuk, tidak terlalu kurus, tidak terlalu tinggi, tidak terlalu rendah, dan terlalu.. (kata bang Haji Rhoma Irama). Biasanya untuk anak remaja yang sedang dalam masa peralihan dari anak-anak menjadi dewasa dapat membuat remaja menjadi lebih labil. remaja lebih cenderung mempercayai keputusannya sendiri. terutama untuk urusan kesehatan. Memang, di masa remaja ini banyak sekali terjadi perubahan fisiologis, seperti penambahan tulang dan massa otot, juga perubahan sosial seperti emosi, dan bahasa. Untuk urusan makanan, mereka umumnya lebih perduli mengenai penampilan dirinya dibandingkan dengan aspek lain.

Diet, umumnya banyak dilakukan oleh para remaja, karena tentunya mereka ingin sekali memiliki body yang ideal, sehingga penampilannyapun dapat seperti yang diharapkan. namun yang paling berbahaya adalah, banyak para remaja yang umumnya melakukan diet, tidak memperdulikan pola diet yang baik dan sehat. Padahal, Diet yang dilakukan secara sembarangan bisa berakibat fatal, terutama bagi yang sedang dalam masa pertumbuhan. Diet boleh saja, tapi kesehatan tetap dong yang nomor wahid. Lalu bagaimana sebenarnya cara melakukan diet sehat?, berdasarkan dari berbagai sumber dapat disimpulkan ada 4 cara terbaik untuk melakukan diet sehat, yaitu :

1. Makanlah sesuai dengan jadwal
Makanlah secara teratur 3 kali sehari, biasakan disiplin, jangan sampai telat barang satu jam. Porsi makan yang tidak teratur ini dapat menyebabkan kita menjadi lapar. sehingga pada saat makan, kita tidak bisa mengontrol makan kita (kalap), bisa-bisa makan kita pun sudah "over". ini penting. makan di jam yang tepat, porsi yang tepat, tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu kenyang.

2. Jangan suka ngemil atau konsumsi makanan ringan dalam bentuk apapun.
Ini memang kelihatanya berat, apalagi untuk orang yang memang kegemarannya ngemil. pasti susah ya ninggalkan kebiasaan ini.umumnya makanan ringan hanya mengandung karbohidrat saja. apalagi untuk makanan kemasan malah banyak mengandung zat kimia dan bahan pengawet seperti : monosodium glutamat. sacharine, lecythin dan lain sebagainya. zat-zat seperti itu memang dapat memicu penimbunan lemak dalam tubuh. jadi, kalau anda ingin diet sehat, hindarilah makanan yang banyak mengandung zat tambahan.

3. Perbanyak mengkonsumsi makanan yang berwarna warni seperti pelangi.
Perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan berwarna-warni, seperti brokoli, tomat, kentang, mentimun, bayam, bok choy dan lain-lain. Karena sayur dan buah tentu saja tidak hanya mengandung vitamin dan mineral,, tapi juga kaya anti oksidan yang bermanfaat bagi kesehatan.

4. Rajinlah bergerak 
Selain membakar lemak, bergerak aktif seperti olahraga, aerobik dan berjalan kaki atau juga bersepeda dapat mengencangkan otot, sehingga memperbaiki postur tubuh. biasakanlah bergerak aktif minimal 30 menit setiap hari. Jalan-jalan sore itu juga baik. tapi jalan-jalan sorenya bukan kayak anak sekarang, naek motor.

Diet dan remaja adalah dua hal yang tak terpisahkan. oleh karena itu, pengarahan dan pengawasan orang tua selama masa pertumbuhan remaja sangat penting dilakukan, agar tidak terjadi salah kaprah dalam melakukan diet dan remaja Anda daat tampil menjadi pribadi yang menarik dan sehat. Yuk..diet yang sehat, agar badan kita sehat dan pikiran jadi kuat. (surya/sp)